e-Musrenbang Tingkat Kecamatan Tungkal Ilir Tahun 2018 Berjalan Sukses dan Lancar

e-Musrenbang  Tingkat Kecamatan Tungkal Ilir Tahun 2018 Berjalan Sukses dan Lancar

KECAMATAN TUNGKAL ILIR – Rabu, 14 Februari 2018 pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai e-Musrenbang Tingkat Kecamatan Tungkal Ilir dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Camat Tungkal Ilir, pelaksanaan e-Musrenbang di Kecamatan Tungkal Ilir tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini seluruh Desa/Kelurahan dan Kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah mulai menggunakan sistem aplikasi  e-Musrenbang yang merupakan sesuai rencana kerja pemerintah daerah untuk menghindari terjadinya korupsi, karena e-Musrenbang sudah ada harga standar satuan.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kaupaten Tanjung Jabung Barat  Drs. H. AHMAD PALLOGE  membuka secara resmi e-Musrenbang Tingkat Kecamatan Tungkal Ilir Tahun 2018 mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat, dalam sambutannya beliau menyampaikan kalau dulu ada anggapan Musrenbang hanya formalitas, tapi sekarang tidak lagi, artinya didalam Musrenbang  yang ada di Bappeda itu semuanya bersumber dari Musrenbang  Tingkat Desa/Kelurahan selanjutnya diteruskan dengan Musrenbang di Tingkat Kecamatan dan Musrenbang Tingkat Kabupaten.

Camat Tungkal Ilir Drs. H. MUHAMMAD YUNUS menyampaikan kegiatan elektronik Musyawarah rencana pembangunan (e-Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2018 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di Kecamatan Tungkal Ilir,yang pada dasarnya diawali dari e-Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan selanjutnya diteruskan dengan e-Musrenbang Tingkat Kecamatan. Melihat apa yang telah dicapai dan dirasakan di Tahun 2017 yang lalu terhadap kegiatan pembangunan yang ada di Kecamatan Tungkal Ilir baik itu pembangunan di bidang ekonomi, sosial, maupun pembangunan fisik, Alhamdulillah banyak hasil yang telah dicapai, dan tentunya hal itu tidak terlepas dari peranan Bapak/ Ibu, disamping itu kami sadari tentu masih banyak program maupun kegiatan yang belum tercapai, dan hal itu merupakan evaluasi bagi kita semua dan tentunya kita juga melihat dari keterbatasan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Tujuan umum e-Musrenbang mendorong peran dan partisipasi masyarakat dalam merumuskan dan pengambilan keputusan bersama-sama pemerintah dalam penyusunan perencanaan tahunan di Kecamatan. Tujuan Khusus, secara khusus e-Musrenbang Kecamatan bertujuan untuk membahas prioritas kegiatan hasil e-Musrenbang Desa/Kelurahan diwilayah Kecamatan Tungkal Ilir. Dengan melakukan koordinasi, konfirmasi, klarifikasi, usulan program Tingkat Kecamatan. Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan di Kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Menetapkan prioritas kegiatan yang akan diusulkan pada forum SKPD.

Peserta e-Musrenbang Kecamatan Tungkal Ilir berjumlah 66 (Enam Puluh Enam) Orang, yang terdiri dari: Unsur Pemerintah Kabupaten, Unsur DPRD Dapil Tungkal Ilir, Unsur Pemerintah Kecamatan, Para Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Tungkal Ilir, Tim Penggerak PKK Kecamatan Tungkal Ilir, Tokoh Masyarakat (LPM/ BPD).

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan Dokumen kesepakatan bersama yang menjadi prioritas Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Tungkal Ilir untuk RKPD 2019 adalah Usulan-usulan kegiatan prioritas Kecamatan yang telah ditetapkan pada  e-Musrenbang Tingkat Desa/Kelurahan 20 usulan prioritas dan 10 usulan Cadangan  serta lainnya untuk diusulkan/dibawa pada e-Musrenbang Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang akan datang.

*editor_#humas_dan_pelayanan_umum_tungkal_ilir.

Share this post